Kiat Menjadi Narablog Sukses - ANEKA CARA BLOG -->

Kiat Menjadi Narablog Sukses

ANEKA CARA BLOG – Menjadi narablog bukan perkara mudah. Selain dituntut produktif dan kreatif, narablog juga perlu mengetahui serta memahami kode-kode script HTML apabila ingin mengantur tampilan tema blognya agar menarik serta sedap dipandang. Tampilan blog rapi dan memiliki navigasi yang mudah untuk proses menuju halaman-halaman tertentu di dalamnya tentu berdampak baik bagi para pengunjung. Bandingkan dengan blog yang tidak ditata dengan rapi, pasti akan memicu rasa enggan bahkan bosan bagi para pengunjung untuk berlama-lama di dalamnya. Ini masih sebatas teknis tampilan, belum masuk ke substansi blog itu sendiri. Sebagian pengunjung mungkin tak peduli, tapi sebagian yang lain mungkin akan memerhatikan hal-hal teknis macam ini.

Tiap orang memang memiliki pendapat berbeda-beda terhadap arti kesuksesan. Sebagian orang berpendapat bahwa kesuksesan adalah ketika seseorang memiliki banyak harta. Sebagian lain ada yang berpendapat sebaliknya. Demikian pula dengan narablog. Sebagian menganggap bahwa narablog sukses adalah mereka yang punya penghasilan banyak dari blognya, namun sebagian yang lain berpendapat sebaliknya. Dari perbedaan pendapat ini adakala benar, tapi tak mutlak benar adanya. Ukuran sukses bagi tiap orang pasti beda-beda, kan?

Di lain sisi, tiap orang juga punya cara berbeda-beda meraih kesuksesan masing-masing. Tiap bidang yang ditekuni tentu akan mengantarkan seseorang pada harapan yang diinginkan. Seorang pekerja akan dibawa pada kesuksesannya sendiri sesuai apa yang dipilih. Begitu pula dengan narablog, ketekunan dan produktivitas dalam menyuguhkan artikel pasti akan membawanya pada harapan yang diinginkan.

Adapun kiat menjadi narablog sukses menurut kami adalah:
Produktif dan Kreatif
Hal pertama dan paling utama ketika memutuskan menjadi narablog adalah produktivitas dan kreativitasnya. Produktif saja tak cukup, perlu kreativitas mumpuni jika ingin menjadi narablog. Sebagai narablog harus produktif melahirkan artikel, tanpa hal itu mustahil blognya diminati apalagi dikunjungi. Produktif menghasilkan artikel tapi tidak diimbangi dengan kreativitas, tentu hasilnya akan hambar. Narablog harus pandai meramu produktivitasnya tersebut secara kreatif, tak melulu begitu. Harus memiliki terobosan atau ledakan-ledakan lain sehingga pengunjung merasa tertantang untuk membaca artikel-artikel yang sudah dihasilkan. Bukankah semakin betah pengunjung berada di dalam blog juga menunjukkan bahwa proses kreatif yang dilakukan telah berhasil memikat hati mereka? Poin ini menjadi sangat penting diperhatikan apabila menginginkan banyak pengunjung datang tiap hari.

Supel
Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah sikap terhadap para pengunjung. Sebagai pemilik rumah seharusnya lebih mengedepankan sikap ramah tamah ketimbang ego. Bagaimana mungkin pengunjung merasa aman dan nyaman jika si pemilik rumah tak memberi rasa aman dan nyaman. Setidaknya berilah jamuan atau sekadar ucapan hangat saat ingin disapa. Bersikap baik itu tak perlu bayar bahkan akan bernilai ibadah, lantas mengapa berat melakukannya? Pengunjung tak sekadar ingin dapat ilmu, tapi juga butuh jalinan komunikasi intensif.

Kooperatif
Supel saja tak cukup, narablog juga perlu kooperatif terhadap pengunjung. Apabila ada yang membutuhkan bantuan, berusahalah membantu sesuai kemampuan. Kalaupun tidak bisa membantu, sampaikan secara baik-baik agar yang bersangkutan tak merasa dikecewakan. Hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan kunjungan balik ke blog orang yang sudah berkunjung tersebut. Jika ada kolom komentar di blognya, berusahalah meninggalkan jejak komentar. Kalaupun saat berkunjung dan tidak menemukan kolom komentar, setidaknya sudah melakukan kunjungan balik ke blog orang tersebut. Bukankah dengan begitu jalinan silaturahmi akan terus terjaga dan akan menaikkan lalu lintas blog. Beda lagi jika si pengunjung tak memiliki blog, kami kira kewajiban membalas kunjungan telah gugur adanya. Bayangkan saja, jika dalam sehari ada 3000 pengunjung dan kesemuanya meninggalkan jejak komentar, berapa banyak pengunjung aktif selama sepekan, sebulan, bahkan setahun?

Ikut Kompetisi
Sumber Gambar: freepik.com
Jika ada yang berpendapat bahwa menulis di blog tak mendatangkan penghasilan, tentu anggapan itu keliru. Sampai detik ini, sudah ada banyak narablog yang mendapatkan penghasilan dari aktivitasnya menulis di blog. Selain pendapatan dari iklan juga hadiah dari pelbagai kejuaraan yang diikuti. Dari memenangkan kompetisi dan memasang iklan inilah narablog bisa mendapat penghasilan tambahan. Semakin banyak kejuaraan yang dimenangkan, tentu akan menaikkan prestise narablog. Belum lagi jika mendapat undangan sebagai narasumber, besar kemungkinan juga akan mendapat pesangon dari pihak penyelenggara.

Menulis di Media Massa/Koran
Apabila sudah terlatih menulis dan memiliki gagasan luar biasa dalam bentuk karya sastra atau ilmiah, narablog juga bisa memanfaatkan kesempatan menulis di media massa. Jika berhasil ditayangkan dan pihak media memberi honorium, tentu hal itu akan semakin menambah pundi-pundi penghasilan. Setelah itu, naskah yang berhasil ditayangkan tersebut dipublikasikan ulang ke blog dengan catatan bahwa karya tersebut pernah ditayangkan di media terkait. Setidaknya cara itu juga akan menambah artikel di dalamnya, kan?

Tentu masih ada banyak lagi cara menjadi narablog sukses, namun bagi kami poin-poin di atas sudah cukup mewakili fase kesuksesan yang diharapkan oleh narablog. Intinya adalah kerja keras dan jangan patah semangat. Terus menulis dan sajikan konten yang dibutuhkan banyak orang, laun lalu lintas pengunjung terus merangkak naik. Apabila memasang iklan dan semakin banyak tawaran finansial, sudah pasti kesuksesan dari pendapat pertama dan kedua bisa terwujud.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel