Istilah Ajakan Para Blogger - ANEKA CARA BLOG -->

Istilah Ajakan Para Blogger

ANEKA CARA BLOG - Jika Anda baru membuat blog lalu bergabung dalam komunitas blogger tertentu, barangkali akan menjumpai istilah-istilah baru—bahkan istilah tersebut terasa asing. Bagi blogger pemula sudah pasti bertanya-tanya terkait istilah tersebut. Istilah ini cenderung digunakan sebagai bentuk ajakan tertentu, bukan istilah yang masuk dalam unsur blog. Berikut ini adalah istilah-istilah ajakan blogger kepada blogger lainnya.

1. Blog Walking (BW)
Blog Walking jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih maknanya menjelajah atau membaca blog tertentu. Ajakan ini dimaksudkan agar blogger lain membaca konten atau artikel si pengajak. Terkadang terjadi salah persepsi di antara blogger soal jelajah blog ini. Sebagian memaknai bahwa menjelajah ke blog tertentu hanya sekadar berkunjung tanpa membaca konten atau isi artikelnya. Ironisnya, tanpa perlu membaca seluruh isi langsung komentar. Fakta semacam ini sering terjadi hingga terkadang antara teks dan konteks tidak selaras. Jadi, usahakan ketika bersedia melakukan jelajah blog, setidaknya membaca secara tuntas lalu beri tanggapan secara semestinya.

2. Reblog Walking (RBW)
Reblog Walking jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih maknanya jelajah ulang blog. Istilah ini adalah ajakan agar pengajak Blog Walking pertama melakukan balasan jelajah ke blogger yang sebelumnya sudah bersedia melakukan jelajah blog.

3. Screenshots (SS)
Di kalangan blogger, Screenshots dimaksudkan sebagai bukti autentik hasil penjelajahan yang sudah dilakukan blogger lain ke konten tertentu. Tentu saja dengan adanya Screenshots ini blogger memberi tindakan sepadan atas apa yang dilakukan blogger lainnya.

4. + Advertisement (+ Ads)
Khusus ajakan ini rata-rata jarang digunakan, sebab tidak semua blogger menjadi penayang iklan (publisher). Sejauh ini, rata-rata tiap blog sudah memasang iklan. Dari hal itulah ada sebagian blogger mengajak pengunjung dengan tujuan untuk menambah pendapatan dari pemasangan iklan dari blognya. Pengunjung yang bersedia melakukan penjelajahan blog diharapkan melihat iklan secara khusus alias melakukan klik iklan.

5. Done (Selesai)
Secara pengertian semua pasti sudah memahami makna Done (selesai). Di kalangan blogger istilah ini digunakan untuk menunjukkan bahwa proses jelajah sudah selesai dilakukan. 

Contoh:
a. Pengajak Jelajah Blog

Open BW 15 x + 1 Ads up to 19.30 am
Have to SS
Link Blog:
100 % RBW
--------------
Dibuka jelajah blog 15 x + 1 iklan sampai pukul 19.30 malam
Wajib menyertakan foto (tangkapan layar)
Alamat situs:
100% jelajah ulang

b. Penjelajah Blog

Done. BW 15 x + 1 Ads
RWB Link:
--------------
Selesai. 15 x jelajah blog + 1 iklan
Jelajah ulang ke alamat situs:

Demikian istilah-istilah ajakan (interaktif) yang dilakukan oleh blogger dalam sebuah komunitas tertentu. Semoga bisa sedikit membantu dan bermanfaat.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel