Loyalitas dan Kontinuitas Antarblogger - ANEKA CARA BLOG -->

Loyalitas dan Kontinuitas Antarblogger

ANEKA CARA BLOG – Kegemaran menulis di blog memang butuh waktu, ruang, dan tenaga khusus di sela rutinitas kerja pokok. Pada dasarnya menulis di blog merupakan salah satu sarana menyalurkan bakat menulis sekaligus menjadi salah satu media berbagi pengetahuan. Walaupun sebagian besar orang mengatakan bahwa menjadi Blogger itu adalah pekerjaan yang buang-buang waktu, tapi ada Blogger yang mampu membuktikan bahwa dirinya bisa sukses dari aktivitasnya tersebut. Adapun Blogger yang sukses dan mendapat penghasilan tak serta merta hanya menulis saja, tapi ada hal-hal lain yang dilakukan yakni dengan memasang iklan di blog, ikut kompetisi blog, atau melakukan bisnis lain lewat blognya.

Ketika seseorang memutuskan terjun ke dunia blog itu sama artinya ia sedang membangun sebuah rumah digital atau ruang jaringan sosial. Bagaimana ia mendesain, menyajikan konten, interaksi dengan para pengunjung juga menjadi salah satu penentu kesuksesannya di dunia blog. Kalau hanya diam saja tanpa melakukan pemberdayaan secara lebih lanjut tentu hasil yang didapatkan tak maksimal. Membiarkan blog tanpa ada perawatan atau sepi pengunjung tentu akan berdampak kurang baik di masa-masa mendatang. Apabila tampilan, konten dan interaksi sudah terbagun dengan baik, hal yang perlu dijaga adalah loyalitas dan kontinuitas menjadi seorang Blogger dengan para Blogger lain. Loyal pada pengunjung dan kontinu menyajikan konten berkelas dan berkualitas. Tanpa kontinuitas dan loyalitas, lambat laun blog yang dibagun juga akan surut. Apalah arti sebuah blog atau website jika tak ada pengunjung?

Tak ada jaminan jika sudah memuncaki halaman pertama mesin pencarian lantas blog bisa lebih unggul. Menurut hemat kami, Search Engine Optimization (SEO) itu nomor sekian, sedangkan yang lebih utama dari sebuah blog adalah konten yang disuguhkan ke pembaca. SEO bagus tapi konten tidak banyak dibutuhkan oleh pembaca tentu tak mendatangkan pengunjung. Ini adalah masalah teknis, sedangkan jauh dari semua itu, ada yang jauh lebih nyata serta penting untuk dijaga yakni loyalitas antarblogger. Untuk menjaga semua itu tentu butuh langkah konkret yakni:

Saling Kunjung Blog
Meski sepele, aktivitas saling berkunjung ke blog sangat dibutuhkan bagi semua Blogger agar loyalitas dan kontinuitas terjaga. Di lain sisi, dengan saling berkunjung juga akan membantu menaikkan data statistik lalu lintas pengunjung blog. Mengandalkan lalu lintas organik memang perlu, tapi persentasenya cenderung jauh lebih sedikit dibandingkan dengan cara saling ajak kunjung (Blog Walking). Mengajak berkunjung ke blog memang tak alamiah, tapi hal ini jauh lebih baik daripada sepi pengunjung. Rata-rata jika melihat persentase kunjungan, grafik paling tinggi dari sebuah blog bukan dari sumber organik melainkan dari rujukan (referral) dan juga dari media sosial. Hal ini juga menjadi salah satu bukti bahwa SEO artikel di peringkat pertama halaman pencarian tak menjamin sebuah blog mendatangkan banyak pengunjung. Semakin sering berkunjung tentu interaksi antarblogger juga terjalin serta terjaga dengan baik. 

Meninggalkan Jejak Komentar
Mengapa meninggalkan jejak komentar sangat dibutuhkan? Selain sebagai tanda dan analisis, komentar bisa dijadikan tolok ukur seberapa loyal dan intensif seorang melakukan kunjungan. Bisa dikatakan, ketika seseorang berkunjung dan meninggalkan jejak komentar itu sama artinya blog yang dikunjungi memiliki ‘utang’ kunjungan kepada blog yang sudah melakukan kunjungan. Tanpa perlu diminta, jika sudah tertanam rasa ingin saling bantu menghidupkan blog orang lain, tentu ia akan melakukan hal yang sama—berkunjung dan meninggalkan jejak komentar. Sayangnya, tak semua blogger memberi alamat situs rujukan dan juga kolom komentar yang membuat aktivitas saling berkunjung terasa kurang sepadan. Bada lagi jika niat mendirikan blog hanya untuk dikunjungi tanpa perlu melakukan kunjungan balasan, tentu hal ini beda bahasan. Perlu juga memerhatikan bahwa ketika berkomentar, jagalah etika dan jangan melakukan spam. Meski tak ada niat melakukan spam namun ketika menulis komentar dengan nada yang sama secara berulang-ulang, komentar tersebut pasti terdeteksi spam. Berusahalah menulis komentar yang relevan agar tidak masuk ke dalam kategori spam.

Saling Jaga Blog
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya oleh semua Blogger adalah saling jaga blog orang lain. Ketika seorang Blogger mengajak saling kunjung, selain seperti yang sudah disebut pada poin pertama dan kedua di atas, jangan sampai mengirim pengunjung palsu (auto visitor) apalagi menggunakan perangkat Jingling, lebih-lebih jangan sekali-kali membajak hasil karya cipta orang lain. Selain kontraproduktif, hal ini juga sangat biadab. Cara ini bukan hanya merusak, tapi juga bisa menghancurkan reputasi blog di mata Google. Idealnya, antarblogger bisa saling jaga dan saling bantu, bukan saling menjatuhkan. Apabila ada masalah, alangkah lebih baik selesaikan dengan cara bijaksana. Kami rasa, perbuatan baik pasti akan membuahkan hasil yang baik, begitu pula sebaliknya. Untuk bisa memahami sekaligus menjalankan hal ini memang butuh kedewasaan—tidak bisa secara tiba-tiba apalagi dipaksa. Lakukan aktivitas secara sah (valid). Jika ada artikel, usahakan membacanya sampai tuntas, ini adalah salah satu cara menghargai upaya Blogger lain membangun, membuat artikel dan menyuguhkan kepada pembaca. Apabila tak bisa mengubah kebiasaan buruk dari diri sendiri, setidaknya jangan merusak usaha orang lain yang ingin lebih maju. Hidup dalam kesendirian itu tak enak, jangan tambah lagi dengan perilaku tak sehat.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel