Senggang - ANEKA CARA BLOG -->

Senggang

ANEKA CARA BLOG - Sebelum ikut berpartisipasi dalam diskusi, alangkah baiknya membaca sampai akhir artikel ini agar tidak terjadi salah pengertian sekaligus bisa sama-sama memberi rasa aman serta nyaman. Menjaga etika komunikasi yang baik akan melahirkan narasi serta aura positif antara satu pengunjung dengan pengunjung lain yang ingin ikut berpartisipasi.

Ruang Senggang ini disediakan untuk saling berbagi informasi, tanya jawab seputar dunia blog, atau apa saja yang sedang hangat diperbincangkan khalayak. Tujuan utama dari ruang ini tentu bukan untuk hal-hal tidak baik melainkan membuka pengetahuan demi meraih manfaat bersama.

Secara pengertian, Senggang adalah seng·gang a terluang atau lapang (tentang waktu); tidak sibuk: pada waktu -- ; (Sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dari pengertian ini pula semoga kolom ini tercapai tujuannya, menjadi tempat santai untuk membicarakan apa saja namun tetap berdedikasi tanpa tendensi.

Siapa pun bisa membuka perbincangan lewat kolom komentar, lalu pengunjung lain diperbolehkan berbalas komentar. Begitu seterusnya. Lalu, di lain hari, pengunjung lain membuka perbincangan baru di kolom komentar baru. Agar memudahkan topik pembahasan, berilah judul di tiap kali ingin membuka diskusi. Perlu diingat dan dicatat, berusahalah untuk tidak melakukan ujaran kebencian, provokasi, atau apa pun yang justru menimbulkan polemik. Kami selaku penyedia ruang diskusi memiliki hak penuh untuk menghapus dialog yang kontradiksi maupun kontraproduktif.

Memang tidak ada aturan baku perihal tema, namun alangkah lebih baik menanyakan atau membahas tentang segala sesuatu yang relevan, boleh juga yang sedang hangat diperbincangkan publik. Sebab jika obrolan tidak relevan serta tidak interaktif, sudah pasti kurang cair dan berhenti di tangah jalan.

Syukur-syukur jika pembuka dialog mempunyai inisiatif membuat alur waktu sendiri di tiap topik bahasan, tentu hal itu akan semakin menarik untuk diperbincangkan dan tahu kapan waktu memulai dan kapan mengakhiri antara satu topik pembicaraan dengan topik pembicaraan baru.


Dianjurkan untuk tidak meletakkan tautan (link) aktif supaya blog ini tetap terjaga kebersihannya. Kalaupun ingin promosi blog, silakan tulis tanpa menggunakan tautan aktif. Bahkan bagi yang suka melakukan jelajah blog (Blog Walking) bisa memulai dengan membuka kolom diskusi baru.

Contoh:
Tulis di kolom komentar di tiap-tiap bahasan:


- Blog Walking (BW);
- Opini: Topik yang Ingin Dibahas;
- Tanya Jawab: Apa yang ingin ditanyakan.
- dls.

Untuk memudahkan proses pembicaraan baru silakan klik DI SINI

Semoga dengan hadirnya ruang ini bisa menambah pengetahuan sekaligus menambah jalinan silaturahmi. Terima kasih atas segala perhatian dan apresiasinya.

Salam Hormat.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel