Pembaruan Terkini Unit Iklan AdSense - ANEKA CARA BLOG -->

Pembaruan Terkini Unit Iklan AdSense

ANEKA CARA BLOG – Barangkali belum banyak dari para penayang iklan (publisher) AdSense yang mengetahui atau memerhatikan perubahan maupun pembaruan tentang tampilan unit iklan AdSense saat ini. Sebagai penyedia jaringan iklan terbaik dan terbesar saat ini, AdSense tentu dituntut untuk terus komitmen dan berinovasi dalam hal penyajian ataupun layanan-layanan periklanan. Terhitung mulai April 2019, AdSense akan memperbarui tampilan iklan di tiap halaman situs atau blog yang di dalamnya sudah dipasang unit iklan. Sudah pasti langkah ini dilakukan demi meningkatkan performa iklan yang tayang.

Jaringan iklan yang dirilis tahun 2003 ini memang layak untuk dijadikan pilihan. Selain pendaftaran cukup mudah, secara pembayaran juga tidaklah terlalu susah. Selama umur blog berusia lebih dari sebulan dengan kualitas artikel sangat baik, maka tak menutup kemungkinan bisa diterima. Bahkan hingga kini AdSense masih menjadi primadona bagi para penayang iklan. Alasan ditolak rata-rata karena konten yang ada di situs atau blog tersebut tak cukup bahkan kurang layak. Minimal dalam blog atau situs tersebut terdapat 10—30 artikel dan sudah berusia lebih dari 1 bulan. Kalau di bawah itu, tentu akan berada dalam masa peninjauan atau bahkan ditolak.

Berbeda dengan AdSense Youtube, persyaratan untuk bisa menjadi penayang iklan adalah harus mencapai 4000 jam tayangan atau bisa dengan 1000 subscribe. Menjadi penayang iklan AdSense YouTube memang agak susah dibandingkan untuk blog atau website.

Jika diperhatikan secara saksama, saat ini terdapat banyak sekali perubahan yang dilakukan AdSense, di antaranya:
Ukuran Iklan
Saat ini, AdSense menerapkan pembuatan dan pengelolaan unit iklan menjadi lebih mudah. Semua unit iklan baru yang dibuat para penayang iklan sangat responsif atau dengan kata lain dapat menyesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda pada perangkat seluler dan desktop. Tentu saja, jika memang membutuhkan penyesuaian lebih lanjut, para penayang iklan masih bisa membuat unit iklan dengan ukuran tetap.

Jenis Iklan
AdSense akan beralih ke format iklan yang lebih kaya dan secara bertahap menghentikan penggunaan unit iklan khusus teks dan khusus display. Hal ini dimaksudkan untuk terus menyempurnakan pengalaman pengguna, serta untuk secara lengkap mewakili penawaran iklan pada AdSense. Karena itu, unit iklan "Khusus iklan teks" dan "Khusus iklan display" di akun para penayang iklan telah diganti namanya menjadi "Iklan Display", dan akan diperbarui untuk menayangkan semua jenis iklan.

Meski demikian, bagi penayang iklan yang tak ingin mengikuti perubahan tersebut bisa melakukan pengaturan secara manual unit iklan tersebut.

Gaya Iklan Teks
AdSense telah menghentikan penggunaan gaya iklan teks untuk unit iklan "Iklan teks & display". Mulai sekarang, para penayang iklan tidak akan dapat membuat gaya iklan untuk unit iklan baru. Unit iklan baru akan menggunakan gaya iklan teks yang dioptimalkan Google. Karena fitur ini tidak lagi digunakan, gaya iklan yang ada juga akan dioptimalkan oleh Google pada bulan-bulan berikutnya. Untuk penyesuaian dan penyempurnaan pengalaman pengguna, para penayang iklan dapat menggunakan iklan native (asli) seperti Iklan dalam Artikel atau Iklan dalam Feed di situs masing-masing.

Menyederhanakan serta Menyempurnakan Tayangan Iklan apabila Tidak Muncul
AdSense terus berupaya meningkatkan kualitas dan keamanan jaringan iklannya, serta mengurangi jumlah iklan berbahaya yang masuk ke jaringan AdSense. Karena itu, AdSense menghapus opsi "Jika tidak ada iklan" dan, sebagai gantinya, akan menciutkan ruang iklan atau menampilkan ruang kosong secara default. Jika setelan para penayang iklan saat ini adalah warna atau URL lain, setelan tersebut akan diperbarui dalam waktu dekat.

Eksperimen
Sebagai dampak dari perubahan di atas, AdSense juga menghapus fitur eksperimen setelan unit iklan, yang sudah tidak tersedia. Jika para penayang iklan memiliki eksperimen unit iklan aktif, eksperimen tersebut akan dihentikan di bulan-bulan berikutnya.

Kode Sinkron
Saat ini, apabila penayang iklan memilih untuk mengubah jenis kode menjadi sinkron di akun AdSense, maka pilihan ini sudah tidak akan tersedia lagi. Jika memang membutuhkan kode iklan sinkron, para penayang iklan dapat mengikuti petunjuk yang diberikan secara manual.

Saluran Khusus
Apabila para penayang iklan menerapkan hal ini, mulai tahun ini AdSense telah menghapus opsi menambahkan saluran khusus saat para penayang iklan ingin membuat unit iklan. Pengiklan tidak lagi dapat membeli iklan dengan target penempatan, sehingga saluran khusus kini hanya digunakan untuk pelaporan. Para penayang iklan tetap dapat membuat saluran khusus baru dan melihat laporan "Saluran khusus", tetapi para penayang iklan perlu menambahkan ID saluran khusus ke kode unit iklan agar dapat melacak performa unit iklan tersebut dengan cara ini. Atau, para penayang iklan dapat mengetahui performa beberapa unit iklan dengan menjalankan laporan "Unit iklan" dan menggunakan filter untuk membatasi data ke unit iklan tersebut.

Perubahan-perubahan tersebut jika diperhatikan memang menunjukkan kinerja lebih baik serta tampilan yang lebih menarik. Bahkan jika membuka akun AdSense, secara keseluruhan juga diperbarui menjadi sangat elegan serta modern. Sangat wajar jika jaringan iklan ini menjadi primadona bagi para penayang iklan. Meski nilai pendapatan yang diberikan naik turun, namun hal itu tak mengurangi kecintaan para penayang iklan terhadap AdSense. Justru yang terjadi adalah para penayang iklan semakin terpacu untuk terus menyuguhkan ilmu yang dikemas secara menarik guna memikat pengunjung agar terus membaca artikel di dalamnya. Ketika banyak pengunjung datang, hal itu secara otomatis akan meningkatkan pendapatan setiap hari dan semakin mempercepat ambang batas pembayaran tercapai.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel