Pengertian Narablog dan Manfaatnya - ANEKA CARA BLOG -->

Pengertian Narablog dan Manfaatnya

ANEKA CARA BLOG – Sejauh ini mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang pengertian narablog. Sebenarnya istilah ini bukanlah sesuatu yang baru, hanya saja istilah ini baru dipopulerkan beberapa tahun terakhir. Narablog sendiri merupakan gabungan dari kata ‘nara’ dan ‘blog’. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘nara’ (na-ra) berarti orang, sedangkan ‘blog’ merupakan media menyalurkan kreativitas menulis di media digital. Dari gabungan kata inilah yang kemudian muncul istilah narablog atau bagi para pegiat blog menyebut sebagai blogger. Sedangkan menurut Wikipedia, narablog adalah penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan.

Jika dilihat atau dibaca dari sejarahnya, Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Blogger diluncurkan pada 23 Agustus 1999. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010; (Wikipedia).

Hingga kini platform ini masih banyak diminati oleh narablog. Selain mudah secara pengaturan atau penggunaannya, blogger juga bisa mendatangkan penghasilan dengan cara memasang iklan dari AdSense di dalam blog.

MANFAAT DARI AKTIVITAS MENULIS DI BLOG
1. Menyalurkan Bakat Menulis
Jika harus bicara secara esensi, kehadiran blog memang bertujuan untuk mengasah keterampilan dalam hal menulis. Sebagai narablog ketika memutuskan untuk menggeluti dunia blog tentu dituntut untuk terus kreatif serta produktif dalam menghasilkan tulisan di blognya. Semakin rajin narablog mempublikasikan tulisan di blognya tentu semakin meningkatkan lalu lintas terhadap blognya. Semakin banyak artikel yang dibutuhkan serta dibaca pengunjung sudah pasti data statistik blognya akan merangkak naik dari waktu ke waktu.

2. Menambah Wawasan atau Pengetahuan
Secara tak langsung ketika narablog aktif di blognya pastilah dituntut untuk banyak membaca sekaligus mencari referensi bacaan untuk dijadikan bahan artikel. Mana mungkin narablog bisa melahirkan gagasan bila tak banyak membaca? Ketika banyak referensi inilah narablog akan mudah membuat artikel dan mempublikasikan hasil karya tersebut di blog. Dengan demikian bisa dipastikan wawasan atau pengetahuannya dari hari ke hari terus bertambah dan blognya akan semakin berkembang.

3. Memiliki Banyak Teman Narablog
Tak bisa dipungkiri lagi, saat blog banyak dikunjungi pembaca akan membuka jalan komunikasi antarnarablog. Interaksi yang intensif tentu akan mengakrabkan antara satu bahkan lebih narablog. Dari aktivitas saling kunjung inilah yang pada akhirnya akan menambah kenalan atau teman.

4. Mendapat Penghasilan Tambahan
Selain poin yang sudah disebut di atas, narablog juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan menulis di blog dengan cara memasang iklan di dalamnya. Nyaris tiap blog pasti memasang unit iklan di dalamnya, terutama iklan dari AdSense. Sebagian narablog memiliki niat berbeda-beda dalam hal ini, namun secara esensi, menjadi narablog tetaplah untuk tujuan menulis. Bukankah pendapatan setelah memasang iklan juga tergantung dari seberapa banyak lalu lintas pengunjung ke blog? Semakin sedikit pengunjung, tentu semakin lama pula untuk bisa sampai pada ambang batas pembayaran. Maka dari itulah mengapa narablog yang sudah memasang unit iklan dituntut untuk fokus menulis supaya menghasilkan lebih banyak artikel dan bukan untuk tujuan lain. Toh, semakin banyak artikel yang dibutuhkan juga berdampak baik pada lalu lintas blog serta penghasilan atas tayangan iklan.

Ketika blog sudah mapan dan lalu lintas cukup banyak, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Selain mudah mengajukan jalinan kemitraan ke jaringan iklan maupun pihak-pihak lain, blog dengan kualitas yang baik juga memiliki reputasi baik di pelbagai hal—tak terkecuali di dalam mesin pencarian. Narablog yang sudah terlatih dan ahli, tentu tidak akan menyianyiakan kesempatan untuk terus mengembangkan potensi yang ada lewat blognya. Ada banyak cara mengasah kemampuan yakni dengan cara ikut kompetisi blog atau kejuaraan-kejuaraan lain seputar dunia blog.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel